Bloggers' Challenges

#BC 71: Mau Aktivitasmu ‘Happy Ending’? Lakukan Beberapa Hal Ini

Tulisan ini abang buat untuk menyelesaikan tantang ke-71 #BloggersChallenges dari Insyirah dengan topik ‘Hal-hal yang membuat kamu bersemangat dalam melakukan sesuatu’.

Hidup memang enggak pernah lepas dari yang namanya aktivitas, baik itu rutinitas ataupun kegiatan tidak rutin yang kamu lakukan sesekali. Nah, dalam menjalani kegiatan-kegiatan itu terkadang muncul rasa bosan, jenuh–khususnya kegiatan rutin, pasti kamu pernah ngerasa pengin ngelakuin sesuatu yang berbeda, yang lebih menantang.

Abang punya beberapa hal, nih, yang bisa bikin aktivitas sehari-harimu berakhir dengan ‘happy ending’.


Life is never flat!

Indeed, hidup memang nggak akan pernah sedatar yang kamu pikirkan. Stop untuk memiliki pola pikir ‘bosan, ah, gini-gini aja’ dan mulailah tanamkan dalam benakmu kalau ‘life is never flat‘.

Dalam hidup kamu punya kendali penuh untuk apapun yang kamu pikirkan dan kamu lakukan. Apa yang kamu pikirkan juga mempengaruhi apa yang kamu lakukan sehari-harinya, loh. Jadi, jangan heran, kalau kamu sering berpikir kalau hidup ini flat, hidupmu dan semua kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari juga akan terasa sangat datar.

Hukum ‘tanam-tuai’, apa yang kamu tanam, itu pula yang kamu tuai. Kalau mindset kamu sudah ditanami dengan pikiran negatif, maka buahnya juga akan negatif. 🙂


Step out of the box!

Imagine your life as a box and you life inside. Bayangkan kalau kamu hanya berdiam diri dalam satu box saja dan menolak untuk melihat box yang lainnya. Yakinlah kamu cuma mengerjakan yang di dalam box itu saja. Sementara di sekitar box yang kamu diami ada banyak box-box lainnya yang isinya berbeda.

‘Mulailah berani mencoba hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Benar, rasa takutlah yang menjadi barrier buat kamu melakukan hal-hal baru dalam hidup kamu.

Nah, untuk itu hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah untuk berhenti takut mencoba. Bagaimana caranya? Kamu bisa tulis daftar hal-hal yang belum pernah kamu lakukan dalam hidup kamu. Ingat, YANG BELUM PERNAH. Hal-hal yang bahkan memikirkannya saja kamu ciut.

Dari sekian hal-hal dan kegiatan-kegiatan tersebut, cari tahu apa yang membuatmu takut untuk mencobanya dan seberapa sulit kamu untuk melawan rasa takut itu. Susunlah kegiatan-kegiatan tadi dari hal yang paling mudah kamu ‘taklukkan’ ke yang lebih susah dan dilematis. Setelah itu, act! Mulailah melakukan dan mencoba, supaya daftar yang kamu buat ada gunanya. 🙂


Do A to Z!

Lakukan hal-hal yang variatif. Jangan memaku dirimu melakukan kegiatan yang itu-itu saja. Hal ini bisa kamu coba lakukan dengan berpindah ke box-box lainnya. Dengan melakukan kegiatan yang variatif maka kamu enggak akan bosan dan nggak akan merasa monoton.


Do it with your partner!

Lakukan hal-hal baru tersebut dengan orang-orang yang mempunyai selera yang sama dengan kamu. Bisa jadi dia adalah orang-orang yang suka mencoba hal-hal baru, atau mungkin juga termasuk orang yang takut mencoba hal-hal baru. Kalau memang dia enggan melakukan sesuatu karena takut, panggil dia ‘cemen’ maka dia akan merasa ditantang.


Love what you do!

Ada kalimat yang bilang ‘do what you love, love what you do‘ dan kalimat ini sangat sempurna. Tapi cobalah untuk mencintai kata ‘mencoba’, dengan itu kamu bisa mencapai target dan belajar hal-hal baru. Dengan mengerjakan apa yang kamu cinta–‘mencoba’ tadi, maka kamu akan suka mencoba hal-hal baru. Bukan hanya sekadar hal-hal standar yang selama ini biasa kamu lakukan. 🙂


Give it a spirit!

Semuanya bermula dari kata mencoba tadi. Kalau kamu tidak memberi semangat untuk kata mencoba maka semuanya sia-sia. Lihatlah hal-hal di sekitarmu yang bisa membuatmu bersemangat melakukan hal-hal baru.

Abang, personally, punya beberapa hal yang membuat abang bersemangat melakukan hal-hal baru dan hal-hal yang menjadi rutinitas abang.

Yang pertama, ada goal. Target yang ingin dicapai membuat kamu mengesampingkan beratnya pekerjaan dan fokus sama apa yang ingin kamu capai. Lagi-lagi, mindset.

Yang kedua, supporter. Jelilah! Penyemangatmu tidak selamanya berwujud manusia. Kenangan-kenangan masa lalu juga bisa membuatmu terdorong untuk semangat dalam mengerjakan hal-hal baru dan dalam mengejar yang ingin kamu capai di masa mendatang.

Yang ketiga, berusaha menjadi teman baru bagi orang lain. Kalau kamu mau dan terbuka menjadi teman baru bagi orang lain, kamu akan memiliki jaringan yang jauh lebih luas dan bertemu dengan banyak orang-orang yang bisa membuatmu lebih bersemangat.


In the end, mirip dengan ketika kamu berada di sebuah pasar malam yang menyediakan banyak wahana. Memang akan ada cost yang harus dibayar untuk bisa menaiki wahana yang pengin kamu coba. Dan kamu hanya akan dikenai cost kalau kamu mau mencoba. Kalau enggak, pasti kamu hanya diam saja dan berujung pada kebosanan–itulah buah saat kamu tak mau mencoba.

Kamu bisa menaiki wahana dengan partner yang juga bisa mendukungmu dan memberimu semangat. Goal yang kamu punya dalam benak bakal mengesampingkan hal-hal lain yang selama ini menghambat kamu untuk mencoba.

Setelah turun dari wahana kamu pasti akan merasa kalau ternyata tidak sesulit yang kamu pikirkan sebelumnya. Kamu juga sudah memiliki pengalaman baru dan kamu akan tertantang untuk mencoba hal-hal baru lainnya. Semua keputusan ada di kamu, kan? Kalau semuanya bisa kamu selesaikan, maka aktivitasmu, baik yang rutin maupun tidak akan berakhir dengan bahagia. 🙂

Challenge 71, done!

Standar

20 respons untuk ‘#BC 71: Mau Aktivitasmu ‘Happy Ending’? Lakukan Beberapa Hal Ini

Komentar? Silakan...