January 2017 - 30 Question-Days with Bang Boy, Writing Projects and Challenges

#30QDBB – Day 7 (8/1/2017)

“Seberapa dewasakah Anda di pikiran Anda???”

Hmm. Hari ke-7. Pertanyaan yang cukup menguji tingkat kedewasaan. Dari tulisannya abang tau ini tulisan siapa, meskipun dia nggak membubuhkan nama. Untung sering ikut rapat di paduan suara. 😀

Baiklah. Untuk jawabannya nggak akan panjang kali (tapi tetap panjang hehehe) karena pertanyaannya sederhana. Oh, iya, mungkin abang nalarkan pertanyaan ini jadi “menurutmu, seberapa dewasakah kamu?” rasanya itu lebih ringan. Hehehe.

Hm. Kamu pasti sependapat dengan abang, dewasa itu bisa dalam berbagai hal. Tapi abang bakal batasi untuk: dewasa dalam berpikir, dewasa dalam berbicara, dewasa dalam membuat keputusan, dewasa dalam berpacaran, dewasa dalam belajar, dewasa dalam urusan administrasi, dan dewasa dalam keuangan.

Dari semua poin itu abang bikin skala angka 0 – 10 untuk penilaian abang terhadap diri sendiri, dimana 0 berarti tidak dewasa sama sekali dan 10 adalah sangat dewasa. (Kek soal matematika jadinya. Hahaha)


Dalam berpikir

Dalam berpikir, menurut pendapat abang sendiri abang masih belum terlalu dewasa untuk berpikir, mau itu dalam penyelesaian masalah, pandangan terhadap kepribadian orang lain, logika, masih belum terlalu dewasa. Kadang dalam penyelesaian masalah abang lepas kontrol dan mengeluarkan kata-kata terlalu banyak. Well, setidaknya jauh lebih baik dibandingkan pake otot. Dikatai cemen? Silakan aja lah. Hahaha.

Dalam memandang orang lain, berhubung sekarang usaha buat cuek-cuek aja sedikit berbuah hasil, abang terbilang cukup cuek tentang orang. Mau dia bagaimana itu urusan dia. Selama nggak menggangu dan nggak merebut hak dan keperawanan abang loh, ya itu terserahnya dia aja. Selama dia menampilkan sesuatu yang baik, pemikiran abang ke dia (mudah-mudahan) baik, karena kadang abang bisa ngelihat yang mana manusia yang tulus, yang mana yang munafik dan ada maunya, jadi hati-hati. 😀

Soal logika, hmm. Kadang agak lamban berpikir logis. Apalagi kalau soal duit dan itung-itungan. Itu termasuk logis, kan?

Jadi, untuk hal ini, abang mungkin di posisi: 7/10


Dalam berbicara

Dalam berbicara (atau lebih enak dibilang merepet), abang terbilang sering. Kadang sampai yang dengar bosan. Dari muka mereka nampak, sih, kalau dalam hatinya dia teriak-teriak minta kalau repet-an itu dihentikan. Tapi apalah daya, mereka lebih sering urung. Takut makin dikasih wejangan. Hahaha.

Kadang abang juga nggak mikir kalau ngomong, jadi masih sering salah-salah dan menyinggung perasaan orang lain.

Jadi, untuk hal ini, abang mungkin di posisi: 6/10


Dalam membuat keputusan

Mungkin dari semua ini yang paling matang. Abang sendiri merasa sudah cukup dewasa untuk bisa menentukan jalan sendiri dan bikin keputusan sendiri, untuk diri sendiri ataupun juga yang berdampak dengan orang lain.

Jadi, untuk hal ini, abang mungkin di posisi: 9/10


Dalam berpacaran

Hihihi. Belum berpengalaman kali. Belum paham kali. Pengen kali belajar dan banyak tau. Tapi, yaaaah… Sejauh ini masih seringan gagal. 😀

Jadi, untuk hal ini, abang mungkin di posisi: 5,5/10


Dalam belajar

Dari awal sudah dibiasakan sama Mamak dan Bapak untuk belajar mandiri. Tanpa harus disuruh-suruh dan diawasi. Dituntut berusaha sendiri dulu baru nanya.

Jadi, untuk hal ini, abang mungkin di posisi: 9/10


Dalam urusan administrasi

Sama kayak halnya belajar, dari dulu dibiasakan ngerjakan sendiri, sebenarnya lebih tepatrnya setelah punya KTP, sih. Urusan sekolah, kampus, lamaran kerja, puji Tuhan sejauh ini lancar dan bisa dikerjakan sendiri. 🙂 Soal uang ngurusnya aja yang masih pake uang Mamak. Hehehe.

Jadi, untuk hal ini, abang mungkin di posisi: 9/10


Dalam keuangan

Hmm. Rumit. Berat. Kadang belum bisa menahan  diri, jadi nggak seimbang. Belum bisa nyari uang untuk diri sendiri, meski beberapa kali udah pernah usaha dan dapat meski sedikit. Dasar emang manusia yang nggak terlalu paham soal uang-uang, kadang jadi ngerasa kayak dibodoh-bodohin. 😀

Jadi, untuk hal ini, abang mungkin di posisi: 6/10


Nah, itulah penilaian abang sendiri tentang seberapa dewasanya abang. Tapi dalam hal-hal itu aja yang masih bisa dievaluasi. Jadi, kalau  dihitung rata-ratanya, kedewasaan abang ada di posisi: 7,3/10. 😀

Yaaaah, belum dewasa-dewasa kali, laaah. Masih newbie. Mudah-mudahan proses yang membentuklah. 😀


Itu yang bisa abang tuliskan untuk pertanyaan ini. Terimakasih buat kamu yang udah ngasih pertanyaan ini. Jadi sekalian evaluasi diri sendiri. Ternyata abang nggak sedewasa yang abang kira. Haahhh. 😀

Days 7, done!

Standar

Komentar? Silakan...